Yang Muda Yang Berbisnis


Taman kota Kendari yang selalu ramai dikunjungi di akhir pekan. foto: YOSHASRUL
Anak-anak muda berbisnis kuliner. foto: Internet

SULTRANEWS-Jika bersantai di taman Kota Kendari di hari Sabtu atau Minggu maka Anda akan menemukan banyak sekali pedagang makanan di sana. Mereka menjajakan aneka jenis makanan dan minuman. Dari sekian banyak pedagang tersebut, nampak komunitas anak-anak muda yang ikut berdagang. Mereka ikut memanfaatkan ceruk rejeki di taman yang selalu dikunjungi ribuan orang di akhir pecan itu. Dengan cekatan mereka menawarkan jajanan mereka ke pengunjung yang mereka buat sendiri,seperti bubur kacang ijo, aneka gorengan hingga es teh. Tentu pemandangan yang langka di tengah makin hedonisnya kehidupan anak-anak muda saat ini.   

Sepuluh kilo meter dari taman kota, tepatnya di Jalan Poros Baruga, Andri  betah menanti pelanggan di pinggir jalan. Usia boleh muda, namun  jiwa bisnisnya tak boleh diremehkan. Baginya berdagang menjadi pilihan hidupnya. Hampir setahun belakangan Andri Yoselin berdagang es buah. Ia menciptakan brand  sendiri, es kelapa muda rasa durian. Andri memilih mangkal di Jalan Poros Baruga, Kota Kendari karena dianggapnya strategis mengembangkan usahanya. Bermodal kendaraan roda empat, Andri memarkir kendaraan di pinggir jalan. Sebuah sepanduk bertuliskan tagline jualan dipasang di samping mobil pikapnya. “Biar memudahkan orang membaca,”kata Andri.  Di mobil itulah perangkat dagangannya disimpan.  Ada kursi, termos air, gelas hingga es batu. Bahan-bahan untuk es campur disimpan dalam kotak produk ternama. Segelas es dihargai 7000 rupiah.
Andri sendiri belajar meracik es dari hobinya membuka internet. “Saya melihatnya di youtube dan iseng-iseng sayang mencoba membuatnya, eh ternyata hasilnya membawa keuntungan,”katanya, sembari tersenyum.  Andri mengaku, merintis usaha dagang es dengan modal uang pinjaman. “Saya pinjam uang kakak saya sebesar 10 juta rupiah dan Alhamdulillah bulan lalu saya sudah kembalikan hasil dari keuntungan berjualan es,”ungkapnya. Berdagang es kelapa durian cukup laris, terlebih saat musim panas karena orang-orang sangat membutuhkan. Namun, tak selamanya dagangan akan laris manis, terlebih saat musim hujan.

Selain ingin menjadi pengusaha sukses, Andri yang baru lulus sekolah menengah atas ini ternyata punya cita-cita lain. Ia ingin menjadi polisi. “Saya lagi menunggu pendaftaran, saya ingin menjadi brimob,”katanya. (SK)
Share on Google Plus

About yoshasrul

    Blogger Comment
    Facebook Comment