Divisi Humas Mabes Polri Laksanakan Sosialisasi Uji Konsekuensi di Polda Sultra





SULTRANEWS- Kapolda Sulawesi Tenggara membuka acara Sosialisasi Uji Konsekuensi terhadap informasi yang di kecualikan di Aula Dhacara Polda Sultra, Kamis, 10/11/ 2016. Kegiatan pembukaan tersebut dihadiri oleh Karo PID Divisi Humas Polri Brigjend Pol.Drs Daniel Pasaribu bersama TIM, Wakapolda Sultra, Pejabat utama Polda Sultra dan seluruh peserta Sosialisasi yang terdiri dari Kapolres Jajaran, PPID Satker dan Kasubbag Humas Polres jajaran. 

Dalam Sambutannya Kapolda Sultra mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada tim Divisi Humas di Sulawesi tenggara dalam rangka memberikan sosialisasi Uji Konsekuensi terhadap informasi yang di kecualikan di Polda Sultra. Kapolda juga dalam arahannya memerintahkan kepada seluruh satker baik Polda maupun Polres untuk terbuka dalam memberikan Informasi kepada publik ataupun dengan wartawan.

 " Wartawan itu jangan dihindari, hadapi mereka dan berikan informasi yang mereka butuhkan, tentu saja dengan aturan yang ada" ucap kapolda Sultra.

 Kapolda juga berpesan kepada PID Satker dan Kasubbag Humas Polres jajaran agar saat kembali Polres atau satker masing masing untuk mensosialisasikan kembali kepada anggota atau pimpinan. 

Sementara itu dalam sambutan Kadiv Humas Polri yang dibacakan oleh Brigjend Pol Daniel Pasaribu menegaskan “Permohonan Informasi Publik ke Polri tidak boleh dihalangi, namun pembatasan bisa dilakukan melalui mekanisme Uji Konsekuensi” tegas Karo Pid.

 Kadiv humas juga dalam arahannya yang dibacakan Karo PID menjelaskan, bahwa, sebagai badan publik, Polri wajib memberikan informasi yang diminta oleh masyarakat, kecuali informasi – informasi tertentu yang telah diatur oleh undang – undang keterbukaan informasi publik. 

Proses pembatasan terhadap informasi yang harus diberikan kepada pemohon informasi dilakukan melalui sebuah mekanisme yang disebut dengan uji konsekuensi terhadap informasi yang dikecualikan 

"Melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan para pejabat pid satker dapat menjadi ujung tombak terselenggaranya uji konsekuensi terhadap informasi yang dikecualikan dan hasilnya dapat diketahui oleh seluruh personel di masing – masing satker" Jelas Karo PID. YJ

Share on Google Plus

About yoshasrul

    Blogger Comment
    Facebook Comment